01/09/2016

SAMATHA BHAVANA


MEDITASI

A.      Pengertian
Secara umum, meditasi atau Samadhi yaitu pemusatan pikiran pada suatu objek. Berdasarkan kondisi batin yang ditimbulkan, meditasi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu;
-       Samma Samadhi                
     meditasi benar, yaitu pemusatan pikiran pada satu objek yang dapat   menghilangkan kekotoran batin ketika pikiran bersatu dengan karma baik.

-       Miccha Samadhi                 
    meditasi salah, yaitu pemusatan pikiran pada satu objek yang dapat menimbulkan kekotoran batin ketika  pikiran bersatu dengan karma buruk.

Semua agama mengajarkan meditasi, dengan cara dan sebutan yang berbeda, begitupun dalam agama Buddha. Namun dalam agama Buddha terdapat meditasi yang khas, yang hanya ada di agama Buddha, tidak terdapat dalam agama manapun. Yaitu meditasi vipassana. Dalam agama Buddha mengenal 2 macam meditasi
1.     Samatha bhavana               : yaitu meditasi pengembangan ketenangan batin
2.     Vipassana bhavana            : yaitu meditasi pengembangan pandangan terang

Berikut perbedaan kedua bhavana
PERBEDAAN
SAMATHA BAVHANA
VIPASSANA BHAVANA
Tujuan
untuk mencapai ketenangan batin melalui pencapaian jhana, bersifat tidak kekal, bukan kesucian, akan menimbulkan kelahiran di alam brahma, jhana akan menghasilkan abinna, ketenangan batin bukan tujuan terakhir meditasi tetapi merupakan kondisi untuk menimbulkan pandangan terang.
untuk mencapai pandangan terang melalui penembusan tilakkhana seanjutnya menimbulkan kebijaksanaan dan kemudian pencapaian tingkat-tingkat kesucian. Pencapaian tingkat kesudcuian tertinggi (Arahat) merarti mencapai pembebasan sempurna tidak lahir kembali/nibbana
Objek
menggunakan salah satu dari 40 mata pokok obyek yg dipilih.
menggunakan obyek 4 landasan kesadaran (vedana, kaya, citta dan dhamma)/nama dan rupa.
Penghalang/rintangan
5 nivarana
10 palibodha
10 vipassanupakillesa
Pelaksanaan
pikiran dipaksakan untuk terpusat terus menerus pada satu obyek yg dipilih dan tidak menanggapi segala sesuatu yg timbul.
kesadaran atau pikiran menyadari 4 landasan kesadaran (satipatthana) secara bergantian mana yg lebih dominan dg obyek pokok naik turunnya perut (kayanupassana).

B.      Samtha bhavana
Bhavana berarti pengembangan yaitu pengembangan batin untuk mencapai ketenangan.dalam samatha bhavana, batin terutama pikitran terpusat dan tertuju pada suatu objek. Sehingga pikiran tidak mengembara tanpa tujuan. Dengan melaksanakan samatha bhavana, rintangan-rintangan batin tidak dapat dilenyapkan secara menyeluruh. Kekotoran batin hanya dapat diendapkan, seperti batu besar yang menekan rumput hingga tertidur di tanah. Dengan demikian, samatha bhavana hanya dapat mencapai tingkat-tingkat konsentrasi yang disebut Jhana-jhana dan mencapai berbagai kekutan batin.
Sesungguhnya pikiran yang tenang bukanlah tujuan akhir dari meditasi, ketenangan pikiran hanya salah satu keadaan yang diperlukan untuk mengembangkan pandangan terang atau vipassana bhavana.
1.     Objek samatha bhavana
Terdapat 40 macam objek samatha yang di ajarkan oleh Buddha yaitu
a.       10 Kasina (perwujudan benda), yaitu :
1.     Pathavi kasina      (wujud tanah)
2.     Apo kasina            (wujud air)
3.     Tejo kasina           (wujud api)
4.     Vayo kasina          (wujud udara)
5.     Nila kasina            (wujud warna biru)
6.     Pita kasina            (wujud warna kuning)
7.     Lohita kasina        (wujud warna merah)
8.     Odata kasina        (wujud warna putih)
9.     Aloka kasina         (wujud cahaya)
10. Akasa kasina        (wujud ruang terbatas)
b.       10 Asubha (tidak menyenangkan), yaitu
1.     Uddhumataka       :  mayat yg melembung
2.     Vinilaka                  :  mayat dg warna muka kebiru*an
3.     Vipubbaka             :  mayat bernanah
4.     Vicchiddaka          :  mayat terbelah di tengah
5.     Vikkhayitaka         :  mayat dimakan binatang
6.     Vikkhittaka             :  mayat hancur lebur
7.     Hatavikkhittaka     :  mayat yg busuk & hancur
8.     Lohitaka                 :  mayat yg berdarah
9.     Puluvaka               :  mayat yg dikerumuni belatung
10. Attikha                    :  perwujudan tengkorak
c.       10 Anussati
1.     Buddhanussati                     : perenungan terhadap Buddha.
2.     Dhammanussati                   : perenunagn terhadap Dhamma
3.     Sanghnussati                       : perenungan terhadap sangha.
4.     Silanussati                            : perenungan terhadap sila.
5.     Caganussati                         : perenungan terhadap kebajikan yg telah dilaksanakan dlm
  kehidupan sehari-hari.
6.     Devatanussati                      : perenungan terhadap para dewa
7.     Marananussati                     : perenungan terhadap kematian yg akan dialami semua mahluk.
8.     Kayagatassati                       : perenungan terhadap kekotoran  badan jasmani.
9.     Anapanassati                       : perenungan terhadap masuk keluarnya napas.
10. Upasamanussati                 : perenungan terhadap keadaan nibbana.
d.       4 Apamanna : keadaan yg tidak terbatas :
1.     Metta
2.     Karuna
3.     Mudita
4.     Upekha
e.       Aharepatikulasanna (perenungan makanan yg menjijikkan)
f.         Catudhatuvavathana (analisa terhadap 4 unsur yg ada dlm tubuh)
g.       4 Arupa (perenunagn tanpa bentuk atau materi)
1.     Akasanancayatana, obyek ruangan yg tanpa batas.
2.     Vinnanancayatana, obyek kesadaran tanpa batas
3.     Akincannayatana, obek kekosongan
4.     Nevasannanasannayatana, obyek pencerapan pun tidak bukan pencerapan.

2.     Penghalang samatha bhavana
Ada dua macam penghalang samatha bhavana yaitu
5 nivarana
1.     Kammachanda            Nafsu keinginan
2.     Byapada                   : Kemauan jahat
3.     Thina-Midha               : Kemalasan dan kelelahan
4.     Udacca-Kukucca        : Kegelisahan dan kekhawatiran
5.     Viccikica                    : Keragu-raguan

Untuk mematahkan kelima rintangan batin tersebut, seseorang harus mengetahui sebab-sebab timbulnya nivarana tersebut dan berusaha menghindari sebab-sebab itu serta melakukan usaha-usaha yang dapat melenyapkan nivarana itu.
Nivarana dapat di patahkan dengan memunculkan unsur-unsur Jhana yaitu :



Vitakka     : usaha menangkap/memegang obyek 
Vicara      : usaha mempertahankan obyek 
Piti           : kegiuran/kenikmatan pada obyek 
Sukha      : kebahagiaan untuk mengarahkan pikiran pada pemusatan pikiran
Ekagata   : pikiran terpusat 
Upekkha : keseimbangan batin (yang hanya muncul bersama dengan Ekagata pada Jhana tingkat ke - IV)


10 palibodha

1.     Tempat tinggal                                                              : (Avasa Palibodha)
2.     Pembantu dan orang yg bertanggungjawab                    :(kula Palibodha)
3.     Keuntungan dan duniawi                                                : (labha Palibodha)
4.     Murid dan teman                                                           : (gana Palibodha)
5.     Pekerjaan                                                                     : (kamma Palibodha)
6.     Perjalanan                                                                    : (adana Palibodha)
7.     Sanak keluarga                                                             : (nati Palibodha)
8.     Penyakit                                                                       : (abada Palibodha)
9.     Pelajaran                                                                      : (gatha Palibodha)
10. Kekuatan batin atau gaib                                                : (iddhi Palibodha)

3.     Carita/watak dan objek yang sesuai
Pemilihan objek yang tepat dalam pelaksanaan meditasi, sangat menentukan keberhasilan meditasi itu sendiri. Buddha menunjukkan objek-objek yang tepat sesuai karakter seseorang untuk pelaksanaan samatha.

a.     Raga Carita
Orang yg keras lobhanya melaksanakan sesuatu berdasarkan lobha, cenderung ke arah kecantikan dan keindahan, kagum melihat suatu kebajikan walaupun kecil sekali, mudah melupakan kesalahan orang lain, cerdik, sombong, berambisi besar, memetingkan diri sendiri.
Lingkungan yg dipakai : Tidak rapi, kotor, pakaian juga yg jelek, postur meditasi sebanyak mungkin dlm sikap berjalan dan berdiri.
Obyeknya : 10 asubha, dan 1 kayagatasati.

b.    Dosa carita
Orang yang keras kebenciannya, melaksanakan sesuatu berdasarkan kebencian cenderung ke arah panas hati, suka marah, suka jengkel, iri hati, tidak senang melihat kesalahan walau kecil, suka bermusuhan, memandang rendah orang lain, suka memerintah dan mendikte orang.
Lingkungan yg dipakai :  Rapi, bersih, indah,  postur meditasi sebanyak mungkin dlm sikap berbaring atau duduk..
Obyeknya : 4 kasina (nila : biru, pita : kuning, lohita : merah dan odata kasina : putih), dan 4 apamanna (metta, karuna, mudita, upekkha).

c.     Moha carita
Orang yang melaksanakan sesuatu berdasarkan kebodohan batin cenderung ke arah kelemahan batin suka bingung, suka ragu-ragu, suka kawatir, menggentungkan diri pada pendapat orang lain, pikirannya ruwet, malas, pendiriannya tidak tetap, kadang-kadang kukuh memegang suatu pandangan.
Lingkungan yg dipakai : Terang, tidak gelap, banyak cahaya, terbuka dan luas, postur meditasi  berjalan.
Obyeknya : Anapanasati.

d.    Sadha carita
Orang yg kuat keyakinannya, melaksanakan sesuatu berdasarkan keyakinan cenderung ke arah rendah hati, dermawan, jujur, suka menemui orang-orang suci, suka mendengar dhamma, yakin pada sesuatu yg dianggap baik, mudah percaya, sangat mudah diyakinkan.
Lingkungan yg dipakai : Tidak rapi, kotor, pakaian juga yg jelek, postur meditasi sebanyak mungkin dlm sikap berjalan dan berdiri.
Obyeknya : 6 anussati (Buddhanussati, dhammanussati, sangha-nussati, silanussati, caga-nussati dan devatanussati)

e.     Budhi carita (Nana Carita)
Orang yg bijaksana cerdas dan mampunyai pengetahuan dhamma, melaksanakan sesuatu dg  hati-hati, cenderung ke arah perenungan terhadap tilakkhana dan meditasi, selalu ingin tahu, belajar dan meneliti untuk menambah pengetahuan, mempunyai kawan yg baik dan bersedia mendengarkan omongan orang lain.
Obyeknya : Marananussati, upasamanussati, aharepatikulasanna dan catudhatuvavatthana.

f.      Vitakka Carita
Orang yg suka melamun, melaksanakan sesuatu dg tergesa-gesa, cenderung ke arah kegugupan, kegagalan dlm usaha, suka berteori, pikirannya sering berkeliaran, tidak suka bekerja untuk kepentingan  sosial, mudah gelisah, bergerak tanpa tujuan yg jelas.
Lingkunagn yg dipakai : Ruangannya kecil, bersih, dan cukup mendapatkan cahaya, postur sama dg raga carita.
Obeyknya :  Anapanasati.

g.    Sabba Carita (Campuran/Kombinasi)
Orang yg mudah marah, nafsunya besar, bodoh, pemarah, mudah percaya.
Obyeknya : 6 Kasina  (Pathavi, Apo, Tejo, Vayo, Akasa, Aloka) dan   4 Arupa (Akasanancayatana, Vinnanancayatana, Akincannayatana, Nevasannanasannayatana).

30 obyek meditasi khusus untuk 6 carita, sedangkan sisanya 10  yaitu 4 mahabhuta (patavi, tejo vayo, apo kasina) aloka kasina, akasa kasina dan 4 arupa dapat dijadikan obyek meditasi oleh semua orang tanpa memperhatikan caritanya.
Faktor yg mempengaruhi untuk samadhi yg berasal dari luar dinamakan sappaya dhamma, yaitu tempat tinggal, wilayah, pembicaraan, penduduk, makanan, iklim, dan postur.

4.     Cara mengembangkan meditasi
Samadhi hanya dapat dikembangkan dg mempelajari secukupnya, menghayati dan melaksanakan samadhi dan harus memiliki :

1.     Memiliki sila
2.     Menghilangkan berbagai rintangan atau palibhodha
3.     Mendekati guru dg cara yg benar (kalyanamitta)
4.     Belajar dg baik
5.     Bertempat tinggal yg sesuai untuk latihan samadhi
6.     Mempunyai obyek yg sesuai dg watak masing-masing.
7.     Melenyapkan rintangan-rintangan kecil
                8.   Menimbulkan, mempertahankan dan mengembangkan nimitta* yg timbul dlm samadhi.


NOTE :
catatan Materi di atas memerlukan penjelasan dan dsikusi lebh lanjut. Maka, bagi anak-anak ku harap rajin mengikuti tatap muka dalam PBM. Jangan sering-sering bolos yaaa..... (^__^)

No comments:

Post a Comment